SEO Tour: Gonta Ganti Template Buruk Untuk SEO?

SEO Tour: Gonta Ganti Template Buruk Untuk SEO?

"Apakah Gonta-ganti template buruk untuk SEO, apakah akan menyebabkan posisi kita di Google Anjlok?"

Jawabannya? Jelas Bisa!, tapi... kita bisa meminimalisir effect pergantian template terhadap SEO. Apa yang harus kita lakukan?

Back-Up Template Lama
Jangan lupa untuk selalu backup template terlebih dahulu ketika Anda akan berganti template. Hal ini dilakukan untuk pengamanan jika ternyata template baru tidak cocok atau ada hal lain yang menyebabkan Anda ingin kembali ke template lama.

Benahi Meta Tag
Meta tag adalah hal yang cukup riskan jika berubah sedikit saja. Jika Anda berganti template dan tidak segera merubah meta tag blog Anda seperti semula sehari saja, maka ini akan memberikan effect yang sangat besar pada posisi Anda di mesin pencari. Jika Anda sudah memodifikasi meta tag Anda, silahkan simpan meta tag Anda di ms word ataupun notepad, sehingga segera bisa dipasang di template baru Anda.

Benahi Tag Headings
Tag heading adalah tingkat kepentingan pada bagian judul ketika Robot merayapi blog Anda. Berurutan dari yang terpenting h1, h2, h3, h4, h5 dan h6. Dalam keadaan standart, h1 diterapkan untuk judul blog, h2 diterapkan untuk judul widget, h3 diterapkan untuk judul postingan dan h4 diterapkan untuk komentar. Ini berarti ketika robot mesin pencari merayapi blog Anda, maka urutan kepentingan index berurutan mulai judul blog - judul widget - judul postingan - kemudian komentar. Anda bisa mengubahnya untuk lebih memperkuat postingan Anda di Google dengan mengubah tag judul artikel menjadi h2 dan menukarnya dengan judul widget. Atau Anda bisa gunakan trik yang saya dapat dari blog choen

Nah, perubahan tag headings juga berpengaruh sangat besar. Oleh karena setelah ganti template sesegara mungkin, periksa susunan tag headings di blog Anda.

Benahi Struktur Link
Ketika Anda mengganti template maka struktur template Anda akan berubah. Yang tadinya 3 kolom menjadi 2 kolom, yang tadinya sidebar di kiri menjadi di kanan. Namun yang lebih penting sejatinya adalah soal struktur link. Yang termasuk bagian ini adalah menubar Anda dan beberapa link yang ada di gadget Anda. Ketika Anda mengganti template, kemudian menubar Anda hilang atau berubah daftarnya, maka segera benahi seperti semula. Bukan di benahi dalam artian Anda kembalikan ukuran ataupun warnanya, namun dalam arti Anda mengembalikan daftar link yang tertera pada menubar seperti semula lagi. Jika tidak segera dibenahi, Anda berpotensi kehilangan sitelink Anda.


Benahi Widget
Pergantian template bisa menyebabkan beberapa widget tidak tampil. Padahal ada beberapa widget penting yang berpengaruh besar ketika dilepas satu jam saja. Misalnya widget alexa dan berbagai widget pemeringkatan seperti tiops of blogs dan lain-lain (baca: Cara Claim Alexa). Pastikan widget-widget itu menjadi prioritas tercepat daripada widget lain untuk segera ditampilkan kembali setelah pergantian template.


Di Akhir...
Langkah yang lebih bijak adalah mengedit dahulu template yang akan Anda pakai di blog percobaan. Atur susunan meta tag, tag headings, menubar hingga widget penting hingga sesuai dengan template yang sedang dipakai di blog utama Anda. Setelah sesuai, barulah Anda pasang di blog utama Anda.

Semoga bermanfaat... Ingat untuk selalu gunakan template yang lebih ringan yang membuat robot Google menemukan lebih banyak data bermanfaat dari blog Anda dalam waktunya yang terbatas...

1 comments: