Menentukan Waktu Moderasi Komentar

Menentukan Waktu Moderasi Komentar
Moderasi komentar adalah fungsi dimana setiap komentar yang masuk harus melalui filterisasi manual oleh admin blog. Jadi ketika orang menuliskan komentar di blog Anda, komentar orang tersebut tidak akan langsung muncul. Komentar itu muncul setelah mendapat persetujuan dari Anda. Nilai lebihnya? Selain soal spam, tentu kita bisa meminimalisir komentar yang buruk dari pembaca. Misalnya komentar yang terlalu singkat atau berbau SARA.

Nilai kurang pengaktifan sistem moderasi adalah perkembangan pembicaraan artikel dalam komentar terasa lambat. Orang berkomentar pada suatu artikel biasanya ingin komentarnya langsung muncul. Apalagi orang yang berkomentar dalam bentuk suatu pertanyaan. Belum lagi jika Anda seorang yang tidak mempunyai banyak waktu untuk blogging. Misal seminggu sekali. Maka komentar yang ditulis seseorang dan seharusnya langsung muncul hari ini, baru muncul seminggu kemudian setelah mendapat persetujuan dari Anda. Jangka waktu seminggu tentu telah membuat artikel 'kadaluarsa' dan begitupun komentarnya.


Solusinya? Anda bisa memilih mengaktifkan moderasi, namun dengan penentuan jangka waktu. Silahkan Anda:
1. Login Blogger
2. Klik Pengaturan
3. Klik Komentar

4. Scrolling ke bawah ke bagian Moderasi Komentar.
5. Isikan misal '7' hari pada bagian Hanya Pada Entri Yang Lebih Lawas Dari
6. Simpan Setelan

Efek dari Pengaturan Ini? Angka 7 Hari yang Anda isikan berarti bahwa sistem moderasi akan aktif hanya untuk artikel yang telah berumur lebih dari 7 hari. Jadi untuk artikel baru, selama 7 hari pertama, komentar yang ditulis oleh pembaca akan langsung muncul dalam kotak komentar Anda tanpa moderasi. Dan jika artikel Anda telah berumur lebih dari 7 hari, komentar yang masuk akan terlebih dahulu meminta persetujuan Anda untuk ditampilkan. Bagi blog yang telah memiliki ratusan artikel, tentu akan sangat berguna, karena kadang orang jail menanam komentar spam di artikel kita yang sudah sangat lama. Dan tentunya tidak mungkin bagi kita untuk cek satu persatu komentar baru pada artikel lawas.

Saya sangat memanfaatkannya, karena setiap komentar baru di artikel-artikel saya yang telah berumur lebih dari seminggu akan mengantri dahulu untuk mendapat persetujuan. Tugas saya hanyalah memonitoring secara langsung artikel-artikel terbaru saja. Jadi tidak kewalahan. Semoga bermanfaat, silahkan mencoba dan mari berkomentar yang baik, menciptakan interkasi di komentar yang sehat dan berkualitas.