Membuat Javascript Milik Anda Pribadi

Membuat Javascript Milik Anda Pribadi
Berbicara mengenai milik pribadi tentu membuat script itu lebih khusus, hanya milik Anda. Dan berbicara soal keuntungan Anda, dengan memiliki script yang khusus hanya untuk Anda maka membuat blog Anda lebih optimal. Misalkan Anda menemui tuotrial seprti ini dari suatu blog:

style="font-family: Verdana,sans-serif; text-align: left;"><script style="text/javascript" src="http://bloggerhosting.appspot.com/serve/amen24.googlepages.com/showrecentcomments.js">

</script><script style="text/javascript">var numcomments = 5;var showcommentdate = false;var showposttitle = true;var numchars = 100;var standardstyling = true;</script> <script src="http://www.blog-trik-tip.blogspot.com/feeds/comments/default?alt=json-in-script&callback=showrecentcomments"></script>


Perhatikan pada bagian yang berwarna biru. Tentu Anda akan sangat sering menemukan tutorial yang memerintahkan Anda untuk memasukkan suatu script ke dalam template Anda seperti penggalan di atas. Sekarang kita perhatikan baris berikut dari penggalan artikel di atas:


"http://bloggerhosting.appspot.com/serve/amen24.googlepages.com/showrecentcomments.js"




diawali dengan kode src yang berarti memanggil. Kode di atas berarti Anda akan memanggil objek yang berada di belakang tanda src=, dalam hal ini javascript. Perhatikan bagian yang berwarna biru diakhiri dengan ekstension .js (javascript). Nah bayangkan dari artikel saya ini saja ada 100 orang yang membaca lalu 50 diantaranya mengikuti tutor tersebut dan memasangnya di blog mereka dalam hal ini pemasangan recent comment widget. Maka pada saat blog mereka dibuka bersama-sama, maka script inipun dipanggil bersama-sama. Belum lagi jika yang akses blog mereka pada waktu bersamaan ada 10 orang. Tnetu akan membuat loading widget semakin berat. Oleh karena itu disinilah manfaatnya Anda selalu hosting javascript hanya untuk Anda.

Copy Lokasi
Jika Anda menemukan tutorial serupa dan menemukan sebuah perintah untuk memasukkan script jangan langsung dengan mudahnya mengaplikasikannya. Tapi host ulang script tersebut khusus untuk Anda. Pertama yang dilakukan adalah copy lokasi script dari tutorial tersebut. Anda harus bisa menemukan lokasinya. Seperti ktia contohkan di atas, selalu di awali dengan http:// dan diakhiri .js untuk javascript.





Buka Alamat Tersebut
Bukalah tab baru pada browser Anda. Masukkan alamat yang telah Anda copy ke Adress Bar dan tekan Enter. Maka akan muncul kode javascript.





Simpan Ke Komputer Anda
Pada keadaan menampilkan kode javascript, klik File pada menubar browser Anda. Lalu klik Save As dan tentukan lokasi penyimpanan di komputer Anda.





Host Ulang...
Untuk host script Anda bisa menggunakan berbagai layanan gratis. Diantaranya silahkan Anda baca, Host Javascript di Google Code dan Host File di Google Site.

Masukkan Alamat Script Pribadi Anda
Setelah Anda host ulang javascript, Anda akan mendapatkan alamat script javascript Anda. Masukkan ke srcipt menggantikan script yanga ada pada tutorial, misal:

src="alamatscriptanda"


Sekarang script tersebut hanya milik blog Anda dan tidak akan di panggil untuk blog-blog lain juga. Semoga bermanfaat.

2 komentar