(Hilangkan) Judul Gadget di Blogger/Blogspot Harus Diisi

(Hilangkan) Judul Gadget di Blogger/Blogspot Harus Diisi

Ada satu lagi perubahan di blogger, setelah kemarin soal perubahan tata letak (baca: Tata Letak Hilang, warning?) yang memusingkan blogger tutorial kini ada soal baru yakni penambahan gadget yang harus menyertakan judul gadget. Jika Anda tidak menambahakan judul Gadget, maka akan ada pesan error bahwa kolom wajib harus diisi.

Nah Anda tetap bisa mengatasinya. Disini saya akan memberikan dua solusi dan Anda bisa memilihnya sendiri.

Hapus Permanen
Saya katakan hapus permanen karena kita tidak menyembunyikan judul dan judul beanr-benar dihilangkan dari bagian gadget. Misalkan Anda membuat sebuah gadget, maka kodenya kurang lebih seperti ini: (Silahkan login blgger - Design/Rancangan - Edit HTML - Centang Expand Template Widget)











<b:widget id='HTML2' locked='false' title='Judul Gadget' type='HTML'>


<b:includable id='main'>

<!-- only display title if it's non-empty -->

<b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>

<h2 class='title'><data:title/></h2>


</b:if>

<div class='widget-content'>

<data:content/>

</div>



<b:include name='quickedit'/>

</b:includable>


</b:widget>

Pertama carilah kode gadget yang ingin Anda hilangkan judulnya. Misalkan gadget tersebut berjudul Judul gadget seperti yang saya beri warna hijau tebal. Jika sudah ketemu bagian kode yang diinginkan silahkan hapus yang berwarna merah. Kemudian Simpan template Anda. Ini akan memberikan effect penghapusan permanen. Ketika Anda masuk ke tata letak dan edit gadget tersebut, memang pada kolom isian masih tertera judul dan apabila Anda ganti sesuka Anda lalu Anda simpan, judul tetap tidak akan keluar lagi. Satu-satunya cara mengembalikan adalah dengan memasukkan lagi kode berwarna merah yang telah dihapus pada tempat semula.

Menyembunyikan Saja
Alternatif kedua adalah dengan menyembunyikan saja. Silahkan Anda temukan id widget Anda. Untuk menemukannya bisa dengan mencari judul gadget dulu pada halaman Pengeditan HTML. Seperti misalnya pada kode di atas, baris pertama:

<b:widget id='HTML2' locked='false' title='Judul Gadget' type='HTML'>
Di bagian kanan Anda menemukan judul gadget Anda dan di bagian kiri yang berwarna merah adalah id gadget Anda

Jika Anda sudah berhasil menemukan id gadget yang akan disembunyikan judulnya, silahkan Anda masukkan kode css dengan format seperti berikut:

#idgadget h2 { display:none }
misalkan menjadi #html2 h2 { display:none }
Kode tersebut diletakkan di atas ]]></b:skin>

NB: h2 disesuaikan dengan template Anda. Template standart menggunakan h2 untuk sidebar, meskipun jika Anda telah memodifikasinya maka sesuaikanlah dengan tag headings Anda. Jika sudah silahkan Simpan template Anda. Dengan cara ini jika Anda ingin mengembalikan judul gadget, maka Anda tinggal menghapus kode yang baru saja ditambahkan.

1 comments:

avatar
×

kalau judul gadget dihilangkan, apakah blog akan menjadi SEO ? maklum belajar seo