Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tip tentang cara membuat Favicon atau ICO file menggunakan Adobe Photoshop CS2

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tip tentang cara membuat Favicon atau ICO file menggunakan Adobe Photoshop CS2
Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan tip tentang cara membuat Favicon atau ICO file menggunakan Adobe Photoshop CS2, sebenarnya banyak cara untuk membuat Favicon ataupun ICO yang sudah bertebaran di internet dan anda tinggal cari menggunakan Google dengan kata kunci Favicon Creator, Favicon Generator, ICO Converter, atau yang lainnya, dengan cepat Google akan menampilkan banyak situs yang menyediakan layanan pembuatan Favicon atau ICO Converter bahkan banyak yang gratisan, tapi untuk yang gratisan cara pembuatannya secara online, dan kalau mau punya software Favicon sepertinya tidak gratis alias berbayar, tapi ada juga software pembuat favicon gratisan namun tidak maksimal alias banyak kekurangan dari segi fitur.




Nah buat yang belum tau apasih Favicon atau ICO itu..?? favicon atau ICO hampir sama dengan file gambar pada umumnya, Cuma file favicon lebih di khususkan untuk beberapa keperluan tertentu, sebagai contoh logo aplikasi sebuah software atau logo untuk sebuah installer, seperti yang sering anda lihat beberapa software ternama pasti installernya memiliki logo tersendiri sebagai branding dari perusahaan tersebut, dan file ICO juga sering digunakan untuk beberapa icon pada computer yang kita pake sekarang, dimana banyak logo-logo mini bertebaran baik itu folder atau shortcut pada desktop, semuanya berekstensi ICO.

Dan file favicon atau ICO juga sering digunakan untuk logo sebuah website dimana favicon atau ICO ini akan tampil pada pada bagian sebelah kiri address bar browser anda, yah disamping website bisa tampil lebih keren dan tentunya berbeda dengan yang lain yang sekaligus juga sebagai branding dari sebuah website itu sendiri.

Nah berikut contoh favicon atau ICO :



Dan sekarang saya akan sedikit membagikan tip tentang cara pembuatan favicon menggunakan Adobe Photoshop CS2 ( sebenarnya tidak hanya untuk CS2 saja tapi berlaku juga untuk versi Photoshop 7.0 ) dan yang pasti semuanya gratis.
Nah sekarang yang anda perlukan untuk bisa membuat favicon atau file ber ekstensi ICO ini adalah sebuah plugins photoshop dan anda bisa mendownloadnya disini, setelah anda download extract dan letakkan file ICOFormat ke Local Disk (C ) – Program Files - Adobe – Adobe Photoshop CS2 – Plug-Ins – File Formats. Setelah selesai coba sekarang buka Photoshop anda dan cobalah berkreasi membuat gambar atau logo anda sendiri dengan ukuran standard file untuk icon.
Caranya buka Photoshop anda lanjutkan dengan File – New – lalu pada jendela pengaturan buatlah file berukuran 48 x 48 pixel dengan resolusi 300 pixel seperti pada gambar dibawah ini :



Sekarang buatlah gambar atau logo sesuai selera anda, setelah semuanya selesai dan sudah siap untuk disimpan sebagai Favicon atau ICO, maka simpanlah karya anda ke ekstensi ICO dengan cara File – Save As. Ke ICO ( Windows Icon ) maka semua proses pembuatan Favicon ataupun file ICO sudah selesai, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

dari http://www.shetiawan.com/ thank ya informasinya

1 comments:

avatar
×

Wah boleh ni bro, favicon saya masih orisinalknya, perlu upgrade kayak sepeda saya.:) Tips nya boleh neh saya pake, saya coba utak-utik lagi. doakan berhasil ya. salam